• Home
  • Blog

share

11 Fakta Menarik tentang Meditasi

7 Apr 2021

11 Fakta Menarik tentang Meditasi

Apakah ada pikiran yang membebanimu akhir-akhir ini? Pasti berat, ya, menanggung semua itu. Untuk menenangkan diri, coba, deh, bermeditasi. Ternyata terapi yang mudah dan murah ini baik untuk kesehatan mental dan fisikmu.

Dalam buku 
Complementary and Alternative Medicine for Psychologists: An Essential Resource, meditasi diartikan sebagai proses praktik pikiran tubuh yang pada mulanya berakar dari tradisi spiritual dan agama. Kegunaan meditasi ini -- berdasarkan Tiffany Field dalam bukunya -- adalah untuk mengatur tubuh dan pikiran untuk mendorong relaksasi dan perubahan kondisi kesadaran. 

Ada 11 fakta menarik mengenai meditasi yang perlu kamu ketahui. Apa saja?

 

1. Mengurangi Berbagai Risiko Penyakit 


Meditasi bisa dikatakan obat yang paling murah dan mudah “dikonsumsi”, menurut artikel Meditation meets behavioural medicine. The story of experimental research on meditation. Meditasi dapat mengurangi berbagai risiko penyakit, salah satunya menurunkan tensi/tekanan darah tinggi. Penyakit lain yang dapat disembuhkan dengan meditasi antara lain gangguan susah tidur, jantung, asma, kanker, fibromyalgia, dan psoriasis.

Baca Juga: Benarkah Meditasi Bermanfaat Baik untuk Kulit?
 

2. Meredakan Stres

meredakan stres


Secara sederhana, meditasi dapat dikatakan sebagai terapi untuk penderita stres sesuai penelitian  Journal of Consciousness Studies. Stres dapat dikurangi dengan meditasi karena terapi ini memberikan respon relaksasi yang dapat menenangkan pikiran/mental dan tubuh. 

Baca Juga: Kunci Microbiome Seimbang adalah Bebas Stres, Benarkah?
 

3. Mengontrol Kecemasan


Masih dalam penelitian di atas, meditasi dapat mengurangi kecemasan berlebihan yang banyak diderita orang, terutama pada usia-usia rentan seperti quarter life crisis
 

4. Menyembuhkan Kecanduan

menyembuhkan kecanduan


Tahukah kamu, dalam Journal of Addictive Disease diungkapkan bahwa hubungan alkohol dan rokok sangat erat. Bahkan, tiap tahunnya ada laporan 100.000 kematian akibat alkohol dan 400.000 kematian akibat tembakau (rokok).

Tak hanya mengurangi stres dan cemas, meditasi juga dapat 
mengobati kecanduan alkohol dan rokok, lho. Jika kamu kecanduan alkohol atau rokok, meditasi merupakan cara cukup ampuh untuk menghilangkannya. 
 

5. Meningkatkan Kesadaran dan Kepercayaan Diri 


Ketidakpercayaan diri berlebihan ternyata sebuah gangguan yang bisa kamu perbaiki dengan cara meditasi. Meditasi merupakan salah satu cara terbaik untuk lebih PD. Meditasi akan mempersilakan energi positif masuk ke tubuhmu sehingga kamu juga mengeluarkan energi positif itu. Karena itu kamu juga akan merasakan perbaikan diri. 
 

6. Menambah Fokus

menambah fokus


Fokus atau perhatian yang panjang terhadap suatu masalah ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Beberapa orang mungkin mengalami kesulitan fokus dan memperhatikan suatu objek dengan seksama. Nah, pelatihan meditasi dapat membantu kamu lebih fokus, lho.

Menurut informasi dari Frontiers in Integrative Neuroscience, meditasi mampu meningkatkan fokus atau perhatian terhadap suatu objek. Objek yang melakukan meditasi juga memiliki kemampuan perhatian dan fokus lebih akurat daripada yang tidak melakukan meditasi.  
 

7. Menjaga Kesehatan Mental


Tak perlu diragukan bahwa meditasi sudah terbukti dapat menjaga kesehatan mental. Ketenangan yang didapatkan dari proses meditasi membuat kesadaran diri meningkat sehingga pikiran-pikiran negatif dapat terkontrol.

Baca Juga: Yuk, Meditasi untuk Menjaga Kesehatan Mental!
 

8. Mencegah Pikun

mencegah pikun


Pikun disebabkan oleh penyakit seperti kelainan tiroid, ginjal, dan hati, tapi bisa juga disebabkan karena gangguan kecemasan, stres, dan depresi. Pencegahan pikun dapat dilakukan dengan meditasi sebagai salah satu upaya menstimulasi mental dari dalam agar lebih rileks. Manfaat stimulasi mental adalah memperlancar oksigen, aliran darah, dan nutrisi ke otak.
 

9. Memperbaiki Waktu Tidur


Journal of Consciousness Studies menyebutkan dengan pasti bahwa gangguan tidur dapat diobati dengan meditasi. Kebanyakan gangguan tidur terjadi karena stres dan dengan kondisi khusus seperti mengidap penyakit tertentu.

Di poin 1 telah dijelaskan bahwa meditasi dapat meredakan stres dan membuat pikiran rileks. Pikiran yang tenang ini kemudian sejalan dengan memperbaiki kualitas dan pola tidur. 

 

10. Menjaga Kekebalan Tubuh

menjaga kekebalan tubuh


Apakah kamu termasuk orang yang mudah terserang penyakit? Mungkin kekebalan tubuhmu lemah. Jika iya, maka meditasi adalah pengobatan mudah dan murah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Meditasi kesadaran sudah diteliti oleh Journal of Biobehavioral Medicine  dapat meningkatkan fungsi kekebalan dan fungsi otak. 
 

11. Terapi Paling Mudah 


Meditasi adalah terapi pengobatan yang paling mudah dan murah untuk beberapa penyakit. Meditasi tidak membutuhkan alat dan pelatihan tertentu yang sulit dan memakan waktu. Praktiknya pun mudah dilakukan sendiri kapanpun dan dimanapun dengan mencontoh pelatihan meditasi yang ada.

Journal of College Teaching & Learning membuktikan bahwa meditasi memberikan manfaat dan perbedaan yang baik pada guru dan siswa yang melakukan meditasi selama lima menit per harinya.

Pakar kesehatan menyebutkan waktu yang tepat untuk meditasi adalah 
2,5 jam sebelum matahari terbit (sekitar pukul 3-4 pagi). Di waktu ini, tubuh dapat berkonsentrasi maksimal dan mendapatkan suasana tenang. 

Setelah mengetahui fakta menarik meditasi, yuk, praktikkan! Tenangkan pikiran sejenak agar tubuh dan jiwa sehat. Kamu akan lebih rileks menjalani hidup dan tidak mudah stres. Lakukan meditasi singkat dulu sebagai permulaan, lalu nikmati dan rasakan manfaatnya. 

Masih mau baca informasi menarik terkait meditasi, 
microbiome, kesehatan usus, imun tubuh, atau update COVID-19 dalam dunia bioteknologi? Yuk, mampir ke Nusantics Blog!

Referensi:

Writer: Lintang Zahrima Kalsum

Editor: Serenata Kedang