• Home
  • Blog

share

Pukul Berapa Waktu Berjemur yang Paling Baik?

3 Sep 2021

Pukul Berapa Waktu Berjemur yang Paling Baik?

Semenjak pandemi COVID-19 merebak, berjemur menjadi salah satu kegiatan rutin yang sebisa mungkin dijalani setiap orang. Baik kamu penderita, penyintas, atau bahkan belum pernah terpapar, sangat dianjurkan untuk berjemur.

Hmm, memangnya kenapa berjemur jadi sangat penting di masa-masa pandemi seperti saat ini, ya? Apa saja manfaat berjemur bagi tubuh dan pukul berapa waktu berjemur yang paling baik? Yuk, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.
 

Manfaat Rutin Berjemur

manfaat rutin berjemur


Pada kondisi pandemi, berjemur telah menjadi kegiatan wajib supaya kekebalan tubuh meningkat karena mendapat asupan vitamin D dari cahaya matahari. 

Vitamin D memang bukan obat segala penyakit, tapi vitamin D merupakan bahan bakar untuk imun tubuh kita. Dijabarkan oleh 
Journal of Cellular Biochemistry, Vitamin D juga berfungsi untuk mempertahankan homeostasis kalsium yaitu kondisi di mana tubuh secara otomatis mempertahankan kondisi normal tubuhnya. Vitamin D akan bekerja meningkatkan efisiensi usus untuk menyerap kalsium makanan. 

Selain itu, vitamin D juga berfungsi mencegah penyakit tulang, baik di masa muda maupun tua. Berjemur pun bisa menjauhkan kita dari risiko kanker akibat kekurangan vitamin D, 
lho.

Baca Juga: Kombucha, Bahan Alami yang Membantu Pemulihan Microbiome Tubuh
 

Siapa yang Harus Rutin Berjemur?

yang harus rutin berjemur


Belakangan ini, berjemur sangat identik bagi penderita COVID-19 karena dipercaya dapat membunuh dan melemahkan virus dalam tubuh. Padahal sesungguhnya berjemur dianjurkan bahkan bagi orang sehat, lho. Berjemur tidak memiliki efek samping apapun, jadi kamu yang sehat pun tidak usah khawatir kalau memang ingin berjemur.

International Journal of Public Health Science melaporkan masyarakat Indonesia sudah sadar untuk berjemur di tengah pandemi ini. Selain itu, masyarakat Indonesia juga sudah lebih banyak yang rajin mengonsumsi vitamin C untuk membantu imun tubuh.

Masalahnya, berjemur cukup menimbulkan pro dan kontra. Kondisi matahari yang kini sudah dianggap “kurang menyehatkan” akibat segala efek pemanasan global dirasa menjadi momok bagi sebagian orang untuk berjemur. Mereka takut akan terkena radiasi sinar ultraviolet yang tidak sehat dan risiko kesehatan lainnya. 

Padahal dari segala kekhawatiran yang ada, berjemur yang sehat adalah berjemur yang menggunakan taktik yaitu memilih waktu yang tepat agar sinar matahari yang didapat adalah sinar terbaik. 


Baca Juga: Apa Hubungan Kulit Berminyak dan Microbiome?
 

Waktu Terbaik untuk Berjemur

waktu terbaik untuk berjemur


Berjemur ada aturannya, lho. Jika tidak, manfaat yang didapat malah kurang maksimal dan justru mendatangkan penyakit. Sebab, tak di semua waktu sinar matahari memiliki manfaat yang baik. 

Berjemur di waktu yang tidak tepat mungkin akan mendatangkan risiko berbahaya seperti dehidrasi, kulit kering, terbakar, dan lain sebagainya. 

Dalam Buku 
Heliotherapy: The Principles & Practice of Sunbathing, disebutkan ada beberapa faktor yang memengaruhi durasi berjemur:

  1. Lokasi di bumi (elevasi dan lintang) atau di negara mana kamu berada dengan musim tropis atau 4 musim.
  2. Lingkungan sekitar seperti wilayah tempat tinggalmu apakah berada di lingkungan pabrik atau alam.
  3. Jenis kulit.
  4. Musim tahun ini.
  5. Waktu dalam sehari.

Nyatanya, ada banyak penelitian berbeda terkait waktu dan durasi berjemur, nih. 

Misalnya, menurut penelitian The New Armenian Medical Journal, waktu berjemur paling tepat di Indonesia adalah selama 7,5 menit antara pukul 11 pagi sampai pukul 1 siang dengan durasi 2 sampai 3 kali seminggu. Namun, hal ini masih diperdebatkan karena dosis eritema minimum (jumlah minimal sinar UV sampai menimbulkan kemerahan saat terpapar sinar UV) tiap individu berbeda, tergantung pigmen kulit masing-masing.

Sedangkan menurut Dokter spesialis penyakit dalam dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPDI) Jeffri Aloys Gunawan, jam 12 siang diteliti menjadi waktu terbaik untuk mendapat vitamin D terbaik di Indonesia.

Berbeda lagi jika mengutip laporan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) di media sosial 
Instagram-nya, menghitung dari rata-rata, waktu terbaik berjemur di pagi hari adalah antara pukul 7 sampai sebelum jam 9 pagi - terlihat dari gambar di bawah pukul 9 pagi adalah batas warna merah. 

info bmkg


Terkait mana waktu dan durasi paling tepat, sebenarnya sangat bergantung dengan lokasi di mana kamu berada dan kondisi lingkungan tempat tinggalmu. Namun, kamu bisa menyesuaikan dengan kenyamanan diri, apakah lebih nyaman berjemur pagi atau siang hari.


Baca Juga: Waspada, Ini 5 Masalah Kulit Akibat Microbiome Tidak Seimbang!
 

Efek Samping Kelebihan Berjemur

efek samping kelebihan jemur


Sejalan dengan manfaatnya, jika berlebihan berjemur juga akan mendatangkan risiko yang besar, lho

Dr. Venny Larasati dalam penelitiannya yang berjudul 
Maintaining Healthy Skin During COVID-19 Pandemic menyebutkan, kelebihan berjemur dapat menyebabkan perubahan pigmentasi kulit, munculnya flek hitam, kulit tampak kusam dan kasar, serta mempercepat munculnya kerutan dini pada kulit.

Meski situasi pandemi masih berlanjut, perawatan kulit di rumah juga tidak boleh ditinggalkan. Dr. Venny mengatakan pelembap jangan sampai lupa digunakan, terlebih setelah mencuci tangan. 


Cambridge University Press melaporkan efek sering mencuci tangan yang dirasakan oleh subjek penelitiannya adalah kulit kering kemerahan dan luka di ujung jari. Maka, pelembap sangat dianjurkan digunakan secara rutin setelah mencuci tangan. 

Tak hanya perawatan saat muncul gejala, pola rutin untuk preventif gejala juga perlu dilakukan seperti mengaplikasikan pembersih wajah, serum, toner, krim pagi dan krim malam, dan 
sunscreen

Kamu juga bisa 
lho mencoba cari tahu seperti apa kondisi kulit wajahmu dengan analisa Biome Scan. Kulit wajahmu akan di-swab untuk tahu komposisi microbiome-nya dan analisa jenis kulit seperti kadar melamin, tingkat glossiness, sebum, pH, dan apakah ada efek yang memengaruhi wajahmu karena tidak menggunakan sunscreen. Yuk, segera daftar!

Jadi, yuk jangan takut berjemur! 


Referensi:

Writer: Lintang Zahrima Kalsum

Editor: Serenata Kedang