• Home
  • Blog

share

8 Fakta Mengejutkan Puasa bagi Kesehatan Kulit

30 Mar 2021

8 Fakta Mengejutkan Puasa bagi Kesehatan Kulit

Punya kulit terawat tentu dambaan semua wanita. Apapun warna kulitmu, kulit sehat adalah yang terutama. Ternyata, puasa memiliki manfaat, lho, bagi kulitmu! Kok bisa, ya? Yuk, kita cari tahu!

Puasa adalah mekanisme menahan lapar dan haus serta hal-hal yang dapat membatalkannya yang dilakukan dalam periode tertentu. Puasa dilakukan untuk ibadah, menjaga kesehatan, atau keperluan lainnya. 

Berbicara tentang puasa, tahukah kamu kalau ternyata puasa tidak hanya bermanfaat baik bagi kesehatan usus, tapi juga bagi kesehatan kulit?

Kulit manusia merupakan lapisan terluar tubuh yang rentan terhadap penyakit karena merupakan lapisan pelindung pertama dari serangan patogen (virus penyerang tubuh). Kesehatan kulit manusia ditentukan oleh mikroorganisme yang terdapat di sana.

Di setiap 1 cm persegi kulit tangan manusia terkandung 1.500 bakteri hidup yang disebut 
microbiome. Microbiome adalah sekumpulan mikroorganisme yang terdiri dari bakteri, virus, fungi, archaea, dan lain sebagainya yang hidup di tubuh manusia dan tersebar ke berbagai organ dengan jumlah tertentu (seimbang) sehingga dapat memberikan manfaat bagi inangnya.   

Di artikel ini, kita akan mempelajari manfaat puasa bagi kesehatan kulit. Apa saja, ya?

 

1. Melembapkan Kulit 

melembapkan kulit


Tanpa disadari, puasa akan membuat kamu mengurangi konsumsi karbohidrat yang menyebabkan kadar glukosa dalam darah tinggi. FYI, tingginya kadar glukosa dalam darah bisa membuat kulit kamu kering, lho. Nah, berpuasa bikin kamu bisa menjaga kelembapan alami kulitmu. 

Baca Juga: 
6 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Usus
 

2. Mengurangi Inflamasi Kulit 


Inflamasi adalah peradangan pada tubuh karena kulit bertahan dari serangan mikroorganisme asing yang menyerang tubuh. Inflamasi dapat dikatakan sebagai akar masalah berbagai masalah kulit. Lalu, bagaimana puasa dapat mengurangi inflamasi? 

Tahukah kamu, saat kamu mengalami kelebihan berat badan, hal ini juga akan berefek ke kulitmu? Nah, dengan berpuasa, berat badanmu jadi lebih terkontrol dan kesehatan kulitmu akan terjaga.

Sebab, saat puasa, tubuhmu akan mencerna makanan dengan lebih tenang (tidak terburu-buru atau tanpa jeda). Tubuh yang tenang mencerna makanan dapat bekerja 
multitasking sambil melawan mikroorganisme asing juga. Inilah yang akan mengurangi inflamasi kulit. 

Hal ini diperkuat oleh penelitian berjudul 
Fasting Therapy for Treating and Preventing Disease - Current State of Evidence, yang menyatakan bahwa puasa menghambat konsumsi kalori dan memperlambat atau mencegah sebagian besar penyakit degeneratif dan peradangan kronis. 
 

3. Menjaga Kesehatan Kulit 

menjaga kesehatan kulit


Puasa rupanya dapat meredam tekanan mental dan emosional. Kulitmu akan selalu sehat karena tidak menerima tekanan berlebih. Ditambah lagi hubungan antara kulit dan usus sangat erat.

Jika kamu berpuasa, pencernaanmu akan jauh lebih sehat karena semua yang kamu makan dan minum terkontrol jumlahnya (tidak berlebih). Jika ususmu sehat, itu akan berbanding lurus dengan kulitmu yang juga pasti akan sehat. 

 

4. Menyembuhkan Berbagai Penyakit Kulit


Pernahkah kamu bangun dan terkejut karena tiba-tiba mata bengkak, berjerawat, kulit berminyak, dan lain sebagainya? Ini karena tubuhmu tidak memiliki waktu istirahat yang baik dan cukup.

Puasa akan menyelaraskan waktu antara jadwal makan dan waktu istirahat (tidur). Saat jadwal makan dan waktu tidur selaras, tubuh akan rileks sepenuhnya di malam hari dan akan sangat mengurangi berbagai risiko masalah kulit yang biasanya tiba-tiba menyerang kamu di pagi hari. 

Baca Juga: 
Skinimalism, Tren Kecantikan 2021
 

5. Membuat Tubuh Menyelesaikan Tugasnya pada Kulit 

tubuh menyelesaikan tugasnya


Wah, puasa juga rupanya berpengaruh pada kualitas tidurmu, lho! Percaya atau tidak, saat kamu tidur, tubuh melakukan berbagai tugas yang belum ia selesaikan. Misalnya, menyimpan semua memori aktivitas seharian, meregenerasi sel rusak, menghasilkan hormon, termasuk yang berkaitan dengan kulit, yaitu menyembuhkan peradangan.

Bayangkan jika kamu tidak berpuasa dan malah makan seharian tanpa henti. Tubuh tidak memiliki waktu melakukan tugasnya, salah satunya menyembuhkan peradangan kulit. Tubuh akan sibuk mencerna makanan sehingga tugas yang lain bisa terganggu. Maka puasa menjadikan tubuhmu tidur nyenyak dan mampu melakukan tugasnya dengan baik.   

 

6. Mengurangi Stres Kulit 


Eh, jangan salah. Kulit juga bisa stres, lho! Kalau kulitmu stres, maka akan mudah mengundang penyakit kulit. Dilansir dari jurnal berjudul  Stress and Wound Healing, hal ini juga akan memperlambat penyembuhan luka.

Penelitian berjudul 
Caloric restriction and intermittent fasting: Two potential diets for successful brain aging menyatakan bahwa puasa dapat mengurangi konsumsi kalori yang akan menguntungkan hubungan neuron dan insulin untuk memproduksi protein dan enzim.  

Berdasarkan studi di atas dan penelitian lain
 A Periodic Diet that Mimics Fasting Promotes Multi-System Regeneration, Enhanced Cognitive Performance, and Healthspan, hal ini dapat meredakan stres dan melawan penyakit.

Rupanya, penelitian juga membuktikan bahwa puasa dapat mengurangi jumlah sel stres oksidatif yang dikirim ke seluruh tubuh. Bagaimana sel oksidatif bisa berkurang saat puasa? 

Semua makanan yang kamu konsumsi setiap hari tentu mengandung kalori dan sebagainya. Saat berpuasa, konsumsi itu akan berkurang. Nah, saat asupan kalori berkurang, seluruh energi yang kamu butuhkan untuk melakukan aktivitas akan mengambil tenaga dari simpanan energi di dalam tubuhmu.

Asupan kalori berkurang juga sama dengan mengurangi stres oksidatif akibat tubuh yang sibuk mencerna kalori. Jika tubuh tidak sibuk mencerna, tubuh akan tenang (tidak stres), begitupun kulitmu. Jika kamu terhindar dari stres, penelitian berjudul 
Efficacy of fasting calorie restriction on quality of life among aging men menyatakan kalau kamu akan panjang umur, lho.

Baca Juga: 
Mau Mencerahkan Kulit? Pakai 7 Bahan Alami yang Ramah Microbiome Ini!
 

7. Menunda Keriput 

menunda keriput


Puasa ternyata juga dapat menunda penuaan. Kok, bisa, ya? 

Makanan yang mengandung karbohidrat dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi. Rupanya kadar gula dalam darah ini menyebabkan berkurangnya kolagen dari proses glikasi di tubuh. 

Kolagen adalah 
komponen yang berada di kulit yang membantu menjaga struktur kulit dengan mempertahankan kekenyalan kulit dan mencegah penuaan. 

Jika kamu berpuasa, konsumsi karbohidrat berkurang, kadar gula dalam darah rendah dan kolagen tidak terganggu sehingga kamu akan awet muda. Tertarik mencoba?

 

8. Meregenerasi Kulit


Saat berpuasa, kamu mungkin merasa kulitmu kusam dan kering. Namun, jangan sedih karena kulit ternyata sedang meregenerasi sel-sel kulit mati. Pergantian sel-sel kulit mati dan sel-sel lain lebih cepat prosesnya saat berpuasa dibanding saat tidak berpuasa. 

Well, well, ternyata banyak sekali manfaat puasa bagi kulit, ya! Namun, jangan hanya asal berpuasa, ya. Untuk mendukung proses puasa yang baik dan manfaatnya dapat benar-benar kamu rasakan, apa yang kamu konsumsi selama Ramadan juga perlu kamu perhatikan. 

Konsumsilah makanan yang bergizi saat sahur dan berbuka sehingga puasamu benar-benar berkualitas. Pastikan juga asupan minummu cukup agar kamu tidak dehidrasi. 

Nusantics pun turut serta ingin membantu kamu merawat kesehatan kulitmu, nih. Misalnya dengan menyediakan 
skincare Biome Beauty yang dibuat dari bahan-bahan alami dan tidak menggunakan bahan berbahaya, serta ramah microbiome kulit dan lingkungan. 

Selain itu, Nusantics juga menyediakan layanan Biome Scan, satu-satunya dan pertama di Indonesia yang bisa melakukan 
swab test di wajah untuk mencari tahu profil microbiome dan analisa kulitmu. Penasaran? Yuk, buruan daftar di sini!

Referensi:

Writer: Lintang Zahrima Kalsum

Editor: Serenata Kedang