• Home
  • Blog

share

Rutinitas Berubah? Ini Dia 3 Tips Skincare Saat Kamu Berpuasa

10 Mar 2023

Rutinitas Berubah? Ini Dia 3 Tips Skincare Saat Kamu Berpuasa

Berpuasa dalam ajaran Islam adalah kegiatan tidak makan, tidak minum, dan menahan hawa nafsu. Puasa dalam Islam sendiri biasanya dilakukan dengan waktu yang sudah ditentukan, biasanya dimulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari selama 1 bulan penuh di bulan Ramadhan.

Selama berpuasa rutinitas pun jadi ikut berubah yang akhirnya bisa memengaruhi kesehatan kulit. Mengutip dari Arabia Weddings mengatakan kalau perubahan rutinitas, pola makan, dan jenis makan yang dikonsumsi selama bulan puasa memberikan efek pada kulit.

Agar bisa terhindar dari masalah kulit saat berpuasa seperti kulit berjerawat, kering, dan kusam, berikut adalah beberapa tips skin care saat berpuasa yang patut kamu coba. Yuk, simak!

Apa yang Terjadi dengan Microbiome Saat Puasa?

Puasa bukan hanya kembali menyeimbangkan microbiome usus yang mendukung respon inflamasi seimbang dan meningkatkan kesehatan kulit, tetapi puasa juga merangsang autophagy yang merupakan "pembersihan diri" sel dan protein tua yang rusak untuk memberi ruang bagi sel dan protein baru yang lebih sehat. 

Mengutip dari Jurnal Particle and Fibre Toxicologyautophagy hadir dengan banyak manfaat, termasuk meningkatkan kesehatan otak, kontrol gula darah, dan kulit menjadi lebih bercahaya. 

Ketika autophagy diaktifkan, maka sel-sel yang kusam dan rusak digantikan oleh yang lebih muda. Untuk itulah, kulit akan tampak lebih cerah secara alami. 

Namun, meski begitu ada beberapa masalah kulit yang biasanya muncul saat berpuasa. Hal ini biasanya berkaitan dengan pola hidup kamu saat berpuasa.

Masalah Kulit yang Muncul Saat Puasa

Kulit berfungsi sebagai garis pelindung pertama pada tubuh. Seperti organ lainnya, kulit juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal seperti patogen, sinar ultraviolet, polusi, serta gangguan stres oksidatif. 

Pembatasan kalori saat berpuasa juga dapat mengurangi asupan nutrisi penting, yang kemudian berpengaruh pada sel-sel kulit. Misalnya saja, kulit kering menjadi salah satu masalah kulit yang muncul saat puasa. Kondisi ini terjadi karena asupan cairan ke dalam tubuh yang berkurang.

Selain kulit kering, kulit kusam juga sering dikeluhkan saat berpuasa. Sayangnya, masih banyak yang belum sadar akan hal ini. Kulit yang kusam selama puasa biasanya disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurangnya asupan cairan dan juga istirahat.

Selain itu, kebiasaan makan gorengan saat berbuka puasa juga ternyata bisa memicu kulit terlihat jadi lebih kusam. Makanan yang digoreng punya asam lemak trans yang bisa mendorong produksi radikal bebas serta memicu terjadinya oksidasi.

Tips Skin Care Saat Berpuasa


Mau kulit kamu tetap sehat dan glowing secara alami saat berpuasa? Maka kamu bisa menerapkan beberapa tips 
skin care berikut.

1. Menggunakan Biome Beauty Essence Spray

Untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan lembap saat berpuasa, kamu bisa menggunakan produk dari Nusantics yakni Biome Essence Spray.

Selain bisa membuat kulit tetap lembap, berbagai varian dari Biome Essence Spray juga memiliki manfaatnya masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulitmu, seperti:

  • Biome Essence Spray Chamomile bisa menetralkan radikal bebas dan mempertahankan skin barrier.

  • Biome Essence Spray Witch Hazel bisa menghambat produksi minyak berlebih dan menyamarkan pori-pori.

  • Biome Essence Spray Tea Tree bisa merawat kulit yang berjerawat, mengontrol minyak berlebih, dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

  • Biome Essence Spray Lavender bisa menenangkan kulit kemerahan dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

2. Jaga Kelembapan Kulit

Tetap terhidrasi sangat penting selama Ramadhan, terutama dalam hal menjaga kesehatan kulit. Dehidrasi bisa menyebabkan kulit tampak lelah, menyebabkan garis-garis halus di kulit dan merusak warna hingga tekstur kulit.

Untuk menjaga hidrasi tubuh, kamu bisa menerapkan konsep 2-4-2, yakni minum air putih sebanyak 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur.

Jangan lupa juga untuk mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang kaya polifenol untuk menangkal atau mengurangi status peradangan kulit akibat UV, proliferasi, dan kerusakan DNA.

Face mist juga bisa dimasukkan ke dalam rutinitas skin care selama berpuasa. Pendingin udara cenderung menghilangkan kelembapan dari kulit, jadi jangan lupa menggunakan Biome Essence Spray pada rutinitas malam agar dapat melindungi kulit dari dehidrasi saat tidur.

3. Gunakan Sunscreen

Sinar matahari bisa merusak produksi kolagen dan elastin kulit. Untuk itu, sunscreen sangat penting untuk digunakan agar kulit kamu bisa terlindungi dari sinar UV yang berbahaya. Sunscreen dapat menghindari masalah pigmentasi dan kerusakan akibat sinar matahari.

Pemakaian sunscreen yang benar juga dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulitmu.

Jadi, jangan lupa mengoleskan sunscreen minimal yang mengandung SPF 30 secara teratur, baik saat kamu beraktivitas di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Sebaiknya, aplikasikan kembali setiap 3 jam sekali.

Bagaimana? Sekarang sudah tahu kan apa saja tips skin care saat kamu berpuasa yang bisa menjaga kulit tetap sehat?

Untuk merawat dan menyegarkan kulit agar tetap sehat dan cantik alami secara lebih maksimal, kamu juga bisa membawa Biome Essence Spray sebagai go-to-toner. Tinggal semprot kapan saja kamu merasa perlu!

Yuk, coba sekarang ya!


Referensi: 

  • https://www.mindbodygreen.com/articles/link-between-intermittent-fasting-and-youthful-skin

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6413166/

  • https://www.mdpi.com/2077-0383/12/5/1710

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7565835/

  • https://www.arabiaweddings.com/tips/how-to-maintain-healthy-skin-ramadan

Writer: Nisania Alya

Editor: Agnes Octaviani