• Home
  • Blog

share

Rajin Olahraga dan Makan Sehat Bikin Kulit Sehat? Ketahui Faktanya!

11 May 2023

Rajin Olahraga dan Makan Sehat Bikin Kulit Sehat? Ketahui Faktanya!

Punya kulit yang sehat adalah dambaan setiap orang. Banyak yang bertanya-tanya apakah menjalani rutinitas olahraga yang teratur dan menerapkan pola makan sehat bisa bikin kulit jadi lebih sehat?

Meski terkesan tak ada hubungannya, gaya hidup yang kamu miliki berkaitan dengan kesehatan kulit, lho. Terutama olahraga dan pola makan sehat. Lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini sampai tuntas, ya!

“Hubungan Dekat” Microbiome Usus dan Kesehatan Kulit

Menurut laman Mind Body Greenmicrobiome kulit adalah istilah untuk triliunan mikroba yang hidup di kulit. Ada sekitar 1.000 spesies bakteri dan hingga 80 spesies jamur berbeda, yang keberadaannya tidak kamu sadari karena tidak terlihat mata telanjang.

Tak hanya kulit, microbiome juga sebagian besar tinggal di dalam usus dan disebut sebagai microbiome usus. Termasuk spesies StaphStrep, dan Candida. Ada juga beberapa spesies Bifidobacterium dan Lactobacillus pada area kulit tertentu, tetapi jumlahnya jauh lebih sedikit daripada di usus.

Microbiome kulit dapat berubah tergantung pada banyak hal. Terganggunya microbiome usus juga dapat memengaruhi microbiome kulit, yang pada akhirnya mengganggu kesehatan kulit juga.

Penelitian pada 2018 yang diterbitkan di jurnal Frontiers in Microbiology menunjukkan bahwa apa pun yang merusak microbiome usus juga memengaruhi apa yang terjadi pada kulit. Ini disebut gut-skin axis. 

Sampai saat ini, banyak penelitian telah dilakukan untuk mempelajari hubungan antara microbiome usus dan kulit. Baik langsung ataupun tidak langsung, microbiome usus yang tidak seimbang dapat memicu munculnya jerawat dan berbagai masalah kulit. 

Cara lain microbiome usus memengaruhi kulit adalah melalui peningkatan pencernaan dan ketersediaan nutrisi. Serat makanan tidak dapat dicerna oleh enzim yang diproduksi di usus.

Nah, Fermentasi serat oleh microbiome usus menghasilkan produksi asam lemak rantai pendek. Hal ini akan meningkatkan komposisi asam lemak dan microbiome di kulit.

Cara Olahraga dan Pola Makan Memengaruhi Kesehatan Kulit


Rajin olahraga dan memiliki pola makan sehat bisa bantu jaga kesehatan kulit kamu. Ada beberapa alasan mengapa dua kebiasaan sehat ini berpengaruh pada kulit, yaitu:

  1. Olahraga Meningkatkan Sirkulasi Darah

Melakukan aktivitas fisik secara teratur membantu meningkatkan sirkulasi darah di seluruh tubuh. Ketika berolahraga, detak jantung akan meningkat, memungkinkan darah mencapai kulit dengan lebih efisien. 

Aliran darah yang meningkat ini mengantarkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel kulit. Pada akhirnya, membuat kulit jadi lebih sehat dan ternutrisi.

  1. Nutrisi dari Makanan Sehat Bisa Perbaiki Kulit

Pola makan sehat berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Penelitian pada 2017 yang diterbitkan di International Journal of Molecular Sciences menunjukkan bahwa apa yang kamu makan memang memengaruhi keseimbangan microbiome kulit dalam banyak cara.

Misalnya, vitamin dan mineral yang terkandung dalam makanan sehat dapat membantu melindungi kulit. Termasuk dari kerusakan akibat radikal bebas, serta memperbaiki struktur kulit yang rusak.

Jadi, perbanyaklah konsumsi sumber lemak baik, protein, sayuran berwarna, dan minum air yang cukup. Berbagai nutrisi tersebut dibutuhkan oleh sel-sel kulit kamu. 

Selain itu, konsumsi juga makanan yang mengandung prebiotik dan probiotik. Keduanya adalah nutrisi yang diperlukan bagi keseimbangan microbiome usus dan juga kulit.

  1. Olahraga Membuat Kualitas Tidur Meningkat

Rajin olahraga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kamu. Tidur yang cukup dan berkualitas merupakan waktu yang penting bagi tubuh untuk memperbaiki dan memperbarui sel-sel kulit. 

Selain itu, tidur yang cukup juga dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam di area bawah mata, alias mata panda.

  1. Olahraga dan Makan Sehat Dapat Mengurangi Stres

Menurut laman American Academy of Dermatology Association, olahraga dan pola makan sehat juga dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Stres yang berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan kulit, menyebabkan kondisi seperti jerawat, eksim, atau kulit kusam.

Dengan mengurangi stres, kamu memberikan kesempatan bagi kulit untuk tetap sehat dan bercahaya.

  1. Olahraga dan Makan Sehat Bisa Bantu Jaga Berat Badan

Bagi mereka yang memiliki kelebihan berat badan, olahraga dan pola makan sehat dapat membantu dalam proses penurunan berat badan yang sehat. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan masalah kulit, seperti selulit atau ruam akibat gesekan. 

Dengan mengurangi berat badan secara sehat melalui olahraga dan pola makan yang tepat, kulit dapat memperlihatkan tampilan yang lebih kencang dan sehat.

Jadi, inilah beberapa alasan olahraga dan makan sehat bisa bantu jaga kesehatan kulit. Jadikan keduanya sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari yang berkelanjutan, agar kulit selalu sehat, kencang, dan tampak awet muda.

Selain olahraga dan menjaga pola makan, penting juga untuk memilih skincare yang tepat. Terutama yang peduli untuk menjaga keseimbangan microbiome kamu, seperti produk-produk Biome Beauty.

Sebagai perusahaan bioteknologi, produk-produk Biome Beauty sudah diformulasikan agar ramah microbiome, dan juga tentunya ramah lingkungan. Yuk, dapatkan produk Biome Beauty di berbagai online marketplace dan partner distributor resmi!


Referensi:

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6048199/

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5454980/

  • https://www.mindbodygreen.com/articles/skin-microbiome-101

  • https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/workout-affect-skin

Writer: Nydia Jannah

Editor: Agnes Octaviani