• Home
  • Blog

share

12 Rekomendasi Minyak Alami untuk Body Massage

11 Nov 2022

12 Rekomendasi Minyak Alami untuk Body Massage

Rutinitas hidup generasi masa kini yang serba cepat dan sibuk bisa membuat lelah tubuh serta pikiran. Akibatnya, rasa stres dan frustasi tidak terhindarkan, menumpuk, dan mempengaruhi kinerja kamu. 

Namun kabar gembiranya, kamu bisa terbebas dari segala perasaan negatif tersebut dengan melakukan treatment body massage di akhir pekan, lho! Kenapa? Karena melansir salah satu artikel Firstcry Parentingbody massage bermanfaat untuk kesehatan; seperti merilekskan setiap jaringan dan otot, terapeutik, dan memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh kamu.

Selain itu, menurut artikel yang ditulis oleh Certified Skin Care Coach Ramona Sinha dalam artikel Stylecraze, menggunakan minyak alami yang baik bagi tubuh mampu menghidrasi, menjaga kelembutan, kecerahan,  dan memenuhi nutrisi kulit kamu agar terhindar dari garis-garis kerutan yang bisa bertambah seiring usia dan tingkat stres yang dialami.

Rekomendasi Minyak Alami untuk Body Massage dan Manfaatnya

Nah, sekarang yang perlu kamu cari tahu adalah minyak alami apa saja yang dapat digunakan untuk body massage dan apa saja manfaatnya. Oleh karena itu, yuk simak artikel Nusantics kali ini karena ada 12 rekomendasi minyak alami untuk body massage beserta manfaat yang diberikannya yang dirangkum dari beberapa sumber terpercaya. Dengan demikian, kamu bisa melakukan body massage dengan minyak alami yang paling sesuai bagi tubuh serta memberikan manfaat yang maksimal untuk kamu.

  1. Olive Oil (Minyak Zaitun)

Olive oil seringkali digunakan sebagai minyak alami untuk light body massage. Mengapa demikian? Karena olive oil memiliki konsentrasi cairan yang pekat, butuh waktu yang cukup lama bagi kulit untuk menyerap olive oil tersebut. 

Maka, pada sesi body massage menggunakan olive oil, teknik massage yang digunakan adalah repetitive movements (gerakan berulang) dan pengurapan minyak ke seluruh permukaan kulit sehingga dapat melemaskan otot-otot yang tegang.

Selain itu, manfaat penting lain yang dimiliki olive oil adalah:

  • olive oil yang digunakan dengan cara body massage yang tepat mampu mengurangi tegangan oksidatif sehingga bisa menyembuhkan kulit rusak, termasuk kulit yang mengalami inflamasi

  • olive oil yang digunakan untuk body massage mampu mencerahkan warna kulit alami kamu karena kandungan nutrisi yang dimilikinya bisa mengeluarkan racun dan melancarkan sirkulasi darah 

  • body massage menggunakan olive oil dapat mengurangi nyeri otot dan mencegah terjadinya cedera saat berolah raga

  • kandungan nutrisi dan mineral yang dimiliki olive  oil mampu melancarkan metabolisme tubuh manusia 

  1. Coconut Oil (Minyak Kelapa)

Minyak kelapa sering dianggap terlalu padat dan membuat kulit menjadi greasy atau berminyak. Namun, nyatanya minyak kelapa merupakan minyak alami yang sangat mudah diserap kulit dengan tekstur ringan dan tidak membuat kulit jadi oliy.

Coconut oil mayoritas digunakan untuk body massage yang ditujukan untuk ibu hamil, pijat refleksi, shiatsu, dan lain sebagainya. Minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E, anti bakterial, dan antioksidan yang tinggi, sehingga baik untuk kulit dan bisa mencegah penuaan dini. Selain itu, karena memiliki lemak yang tersaturasi, coconut oil mampu menjaga kelembapan kulit kamu agar tetap terhidrasi.

  1. Grape Seed Oil (Minyak dari Biji Anggur)

Minyak dari biji anggur ini memberikan efek relaksasi tanpa adanya aroma apapun. 

Minyak alami ini cocok untuk kamu yang ingin melakukan body massage tetapi tidak ingin mencium aroma minyak tersebut.

Grape Seed Oil cocok untuk semua treatment body massage dan memiliki kandungan antimikroba dan resveratrol yang berfungsi sebagai anti-inflammatory.

  1. Almond Oil (Minyak Kacang Almond) 

Almond oil yang beraroma manis lembut sangat cocok digunakan untuk kulit sensitif karena memiliki kandungan anti-inflammatory yang tidak menyebabkan gatal-gatal atau ruam yang biasanya dialami oleh orang yang memiliki kondisi dermatitis, eczema, dan psoriasis. 

Selain itu, minyak alami dari kacang almond ini dapat membuat memiliki kelembapan dan nutrisi yang mampu melindungi kulit kamu dari paparan sinar UV yang berbahaya bagi kulit. 

Walaupun sedikit berminyak, almond oil bersifat ringan dan sangat mudah untuk diserap oleh semua jenis kulit saat diaplikasikan ke badan karena teksturnya yang tidak terlalu kental, tetapi tidak terlalu cair juga. 

  1. Avocado Oil (Minyak dari Alpukat)

Ingin melindungi kulit kamu dari keriput, stretch marks, atau psoriasis? Body massage dengan avocado oil adalah jawabannya! Kandungan vitamin A, C, D, E, dan nutrisi seperti linoleic acid dsb mampu mempercepat regenerasi kulit.

Karena berasal dari sari buah alpukat, minyak yang dihasilkan jauh lebih pekat daripada minyak alami lainnya. Sehingga, avocado oil harus dicampurkan dengan minyak yang lebih ringan sebelum digunakan untuk body massage.

  1. Sunflower Oil (Minyak Bunga Matahari)

Walaupun mungkin lebih dikenal sebagai minyak yang digunakan untuk memasak, sunflower oil nyatanya adalah salah satu minyak alami yang mampu melindungi kulit kamu dari penuaan kulit dini, membangun skin barrier, dan juga mengeluarkan racun melalui kulit tubuh kamu saat body massage. Teksturnya yang ringan menjadikan sunflower oil sebagai minyak alami yang tepat untuk body massage terapeutik.

  1. Jojoba Oil (Minyak Jojoba)

Jojoba oil merupakan minyak alami yang sangat cepat terserap oleh tubuh, sehingga pemakaiannya menjadi lebih banyak di sesi body massage. Karena memiliki banyak manfaat, harga minyak alami jojoba ini lebih mahal daripada minyak alami lainnya. Jojoba oil tidak memiliki aroma tertentu, tidak menyebabkan iritasi kulit, sangat baik untuk perawatan jerawat, memiliki kandungan anti-bakteri yang mampu menjaga kesehatan kulit kamu untuk jangka waktu yang lama.

  1. Argan Oil (Minyak Argan)

Minyak alami yang terbuat dari argan ini memiliki tekstur yang ringan dan tidak berminyak yang mampu membuat kulit kamu lembut seketika! Selain itu, argan oil dapat membuat kulit lebih elastis dan mencegah garis-garis keriput halus. Argan oil juga menjaga kadar air yang ada di kulit kamu agar tetap sehat dan terhidrasi.

  1. Shea Butter (Minyak Kacang Shea)

Shea butter berasal dari pohon kacang shea yang banyak ditemukan di Afrika Selatan. Kandungan lemak yang dimilikinya sangat tinggi sehingga minyak alami ini berbentuk seperti butterShea butter cukup populer di industri kecantikan dan body massage karena minyak alami ini memiliki kandungan anti-inflamasi serta memiliki antioksidan yang tinggi.

  1. Sesame Oil (Minyak Wijen)

Body Massage menggunakan sesame oil mampu mengurangi nyeri persendian, sehingga baik laki-laki atau perempuan sering menggunakan minyak alami ini sebagai pilihan untuk body massage-nya. Selain itu, minyak wijen ini juga memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti-bakteri yang bisa menjaga kulit kamu dari radiasi sinar UV matahari. Biasanya, minyak alami dari biji wijen ini dihangatkan dan dicampur dengan beberapa bahan untuk body massage.

  1. Geranium

Karena minyak alami yang satu ini berasal jenis bunga, yaitu geranium, maka ada aroma wangi yang bisa membuat kamu rileks dan menikmati body massage yang mampu melancarkan sirkulasi jaringan sistem saraf. Body massage dengan bunga geranium juga bermanfaat untuk para perempuan yang memiliki permasalahan menstruasi ataupun menopause.

  1. Lavender 

Aroma yang manis, lembut, dan menenangkan membuat lavender menjadi salah satu minyak alami yang populer untuk body massage. Manfaat dari lavender oil adalah membuat tubuh dan pikiran dapat beradaptasi dengan stres. Selain itu, lavender juga efektif untuk meredakan nyeri, membantu untuk tidur lelap, meningkatkan stamina dan energi.

Nah, itu dia 12 macam minyak alami yang bisa digunakan untuk body massage. Kamu bisa memilih salah satu minyak alami yang sesuai untuk kebutuhan kamu. 

Perawatan body massage dengan Biome Spa di Nusantics menggunakan 100% minyak alami yang microbiome friendly, sehingga aman dan menyehatkan kulit kamu. 

Microbiome memiliki peranan penting bagi kulit manusia, bahkan keseimbangannya harus dijaga agar mampu melawan virus patogen lewat kulit. Ingin tahu lebih dalam tentang microbiome? Kamu bisa membaca artikel-artikelnya di Nusantics Blog, ya!


Referensi:

  • https://parenting.firstcry.com/articles/magazine-10-best-massage-oils-to-rejuvenate-your-body/

  • https://www.naturalbody.com/blog/5-essential-oils-to-use-in-massage

  • https://www.stylecraze.com/articles/body-massage-oils-and-their-benefits/

Writer: Tami Kira

Editor: Agnes Octaviani