• Home
  • Blog

share

Masih Jadi Tren, Ini Dia Rekomendasi Produk Untuk Skin Minimalism

13 May 2023

Masih Jadi Tren, Ini Dia Rekomendasi Produk Untuk Skin Minimalism

Tren skin minimalism tampaknya makin populer di dunia kesehatan kulit, termasuk Indonesia saat ini. Meskipun tidak banyak menggunakan produk perawatan wajah, kamu harus tahu rekomendasi skincare yang cocok untuk perawatan wajah kamu agar tetap glowing walaupun dengan pemakaian make up dan skincare yang minimalis. 

Apa Itu Skin Minimalism?

Sebelum kita membahas rekomendasi produk untuk skin minimalism, ada baiknya kamu tahu dulu apa itu skin minimalism

Skin minimalism adalah pendekatan perawatan kulit yang menekankan pada kesederhanaan dan efektivitas. Konsep ini mempromosikan penggunaan produk yang terbatas namun bermanfaat, serta fokus pada menjaga keseimbangan dan kelembapan alami kulit.

Dalam skin minimalism, kamu tidak perlu terlalu banyak menggunakan produk perawatan kulit. Sebaliknya, pilihlah beberapa produk yang tepat untuk kebutuhan kulit kamu. Misalnya, gunakan pembersih wajah yang lembut, pelembap yang ringan, dan sunscreen dengan SPF yang sesuai. Sangat penting untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulitmu dan kamu juga harus hindari bahan-bahan yang bisa merusak atau mengiritasi kulit.

Manfaat Skin Minimalism

Banyaknya iklan produk perawatan kulit pastinya membuat kamu tergoda untuk mencobanya. Tidak sedikit wanita yang berpikiran kalau semakin banyak produk skincare yang digunakan, semakin bagus pula kulit kita. 

Faktanya, hal itu belum tentu benar, lho! Sebaliknya, menggunakan terlalu banyak produk bisa menyebabkan masalah pada kulit. Salah satu risiko utamanya adalah iritasi kulit. 

Dalam International Archives of Occupational and Environmental Health, dijelaskan bahwa produk yang mengandung banyak bahan kimia dapat diserap oleh kulit, sehingga berpotensi menyebabkan efek yang merugikan bagi kesehatan seperti meningkatkan risiko alergi, iritasi, bahkan keracunan. Selain itu, penggunaan skincare berlebihan juga bisa mengganggu keseimbangan microbiome alami kulit dan membuatnya jadi lebih sensitif.

Untuk itulah dengan menerapkan skin minimalism diharapkan dapat membantu mengurangi risiko iritasi dan sensitivitas kulit. Dengan menggunakan produk perawatan kulit yang sedikit dan tepat, kita dapat menghindari paparan berlebihan terhadap bahan kimia dan potensi merusak kulit.

Rekomendasi Produk Untuk Skin Minimalism


Dalam sebuah 
studi dijelaskan bahwa langkah utama dari rutinitas perawatan kulit adalah mencari produk yang membersihkan dan melembapkan wajah. Kulit yang sehat dan lembap memang merupakan tanda adanya keseimbangan dalam microbiome kulit. Microbiome kulit yang seimbang mengacu pada keberadaan dan keragaman mikroorganisme yang hidup di permukaan kulit dalam jumlah yang tepat.

Nah, buat kamu yang ingin memulai menerapkan konsep skin minimalism pada keseharian kamu, berikut ini adalah beberapa produk yang wajib kamu gunakan!

  1. Pembersih Wajah

Rekomendasi produk untuk rutinitas skin minimalism yang pertama dan wajib kamu miliki adalah pembersih wajah. Pembersih wajah merupakan produk penting dalam perawatan kulit. Fungsinya adalah untuk membersihkan kotoran, minyak, dan sisa-sisa makeup dari kulit, sehingga menjaga kulit tetap bersih dan segar.

Mengutip dari artikel "The Importance of Cleansing Your Face", face cleanser atau pembersih wajah memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. Membersihkan wajah dapat membantu menghilangkan kotoran, minyak, debu, dan sisa-sisa makeup yang menempel di kulit sepanjang hari. Ini sangat penting dilakukan karena jika tidak, kotoran yang menumpuk akan menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat dan komedo. 

Selain itu, pembersihan wajah juga memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan kelembapan kulit. Saat membersihkan wajah, disarankan untuk menggunakan produk pembersih yang sesuai dengan jenis kulit agar kulit kamu tidak terlalu kering atau terlalu berminyak. Dengan menjaga kelembapan kulit yang seimbang, kulit akan terlihat lebih sehat, lembut, dan bercahaya.

Berikut beberapa tips memilih produk pembersih wajah untuk kamu!

  • Pilihlah pembersih yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit. Pembersih dengan pH seimbang juga disarankan, karena dapat menjaga keseimbangan alami kulit.

  • Untuk kulit berminyak dan berjerawat, pilihlah pembersih yang mengandung asam salisilat atau asam glikolat, karena dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih. Sedangkan untuk kulit sensitif, pilihlah pembersih yang bebas alkohol dan pewangi yang berpotensi menyebabkan iritasi.

  1. Pelembap

Selain kebersihan kulit, metode skin minimalism juga sangat mengutamakan kelembapan wajah. Pentingnya menjaga kelembapan wajah adalah untuk mencegah kulit menjadi kering. 

Kulit yang kering rentan terhadap masalah seperti rasa tidak nyaman, iritasi, dan penampilan penuaan dini. Dengan menggunakan pelembap wajah secara teratur, dapat memberikan kelembapan yang dibutuhkan oleh kulit sehingga kulit tetap sehat, lembut, dan bercahaya.

Jika kamu ingin mencari pelembap yang tepat untuk kulitmu dan pelembap yang microbiome friendly, kamu bisa mencoba Biome Treatment Essence Gotu Kola dari Biome Beauty. Dengan formulanya yang microbiome friendlyBiome Treatment Essence Gotu Kola bekerja dengan cara meningkatkan kelembapan, dan mempertahankan skin microbiome barrier

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Biome Essence Spray Chamomile yang mengandung alpha-bisabolol alami dan flavonoid yang dapat menghidrasi dan menenangkan kulit. 

  1. Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya adalah produk yang tidak boleh ketinggalan dalam metode perawatan skin minimalism. Penggunaan sunscreen membawa manfaat yang signifikan bagi kesehatan dan penampilan kulit. 

Sunscreen dapat melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya, terutama sinar ultraviolet (UV). Paparan sinar UV dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti penuaan dini, bintik-bintik gelap, kerutan, dan bahkan kanker kulit. Dengan menggunakan sunscreen secara teratur, kamu dapat mengurangi resiko kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar UV.

Karena Indonesia memiliki iklim tropis, seringkali kita mengalami tingkat UV Index yang tinggi. Tingkat UV Index yang tinggi menunjukkan bahwa sinar UV yang kuat dapat mencapai kulit kita. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk melindungi kulit dengan menggunakan sunscreen yang memiliki SPF (Sun Protection Factor) dan PA yang cukup tinggi. Disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 dan tingkat PA++ atau PA+++.

Jika kulit kamu terlanjur terbakar akibat lupa memakai sunscreen, kamu bisa menenangkan kulit kamu dengan Biome Essences Spray Lavender. Selain microbiome friendlyBiome Essences Spray Lavender memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menenangkan kulit akibat terbakar sinar matahari. Setelah itu, kamu bisa mengaplikasikan sunscreen kembali.

Itu dia beberapa rekomendasi produk untuk mendukung konsep skin minimalism. Buat kamu yang ingin tahu lebih banyak atau membeli produk dari Biome Beauty, bisa klik di sini ya!


Referensi:

  • https://www.everydayhealth.com/healthy-skin/everything-you-need-to-know-about-a-minimalist-skin-care-routine/

  • https://www.womenshealthmag.com/uk/beauty/skin/a40919592/excessive-skincare/

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12761626/

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/30466682/

  • https://biologiquerechercheuk.co.uk/blog/the-importance-of-cleansing

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5849435/

Writer: Dwi Muryanti

Editor: Agnes Octaviani