• Home
  • Blog

share

Benarkah Double Cleansing Merupakan Solusi Untuk Kulit Berjerawat?

1 May 2023

Benarkah Double Cleansing Merupakan Solusi Untuk Kulit Berjerawat?

Kalau kamu sering mengikuti tren perawatan kulit di media sosial, pasti kamu tak asing lagi dengan istilah double cleansing. Diklaim membuat kulit menjadi bersih dan mengatasi berbagai masalah kulit, double cleansing merupakan konsep yang menarik untuk dibahas. Pasalnya, membersihkan kulit terlalu sering dan berlebihan justru dapat memperburuk masalah kulit kamu.

Double cleansing adalah teknik perawatan kulit populer yang melibatkan penggunaan dua jenis pembersihan yang berbeda untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan makeup dari kulit secara menyeluruh. 

Pembersih pertama biasanya menggunakan produk berbasis minyak, diikuti oleh produk berbasis sabun. Teknik ini telah populer dalam beberapa tahun terakhir, terutama bagi mereka yang memiliki kulit berjerawat.

Double Cleansing dan Jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit umum yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Hal ini disebabkan oleh kombinasi faktor, termasuk produksi minyak berlebih, pori-pori tersumbat, dan bakteri pada kulit. 

Maka dari itu, cleansing adalah langkah penting dalam rutinitas skincare baik pagi maupun malam, terutama bagi kamu yang memiliki kulit berjerawat. 

Namun, tidak semua produk pembersih diciptakan sama, sehingga memilih produk yang tepat dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam penampilan dan kesehatan kulit.

Satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology menemukan bahwa double cleansing lebih efektif dalam menghilangkan minyak berlebih dan makeup daripada single cleanser.

Studi ini menunjukkan bahwa partisipan yang menggunakan metode double cleansing memiliki jerawat yang jauh lebih sedikit dan produksi minyak lebih sedikit daripada mereka yang hanya menggunakan teknik single cleansing

Para peneliti juga mencatat bahwa metode double cleansing tidak menyebabkan iritasi atau kekeringan pada kulit. Studi tersebut juga  menemukan bahwa kombinasi cleanser berbasis minyak diikuti oleh cleanser berbasis air lebih efektif dalam menghilangkan bakteri daripada single cleansing

Para peneliti menyimpulkan bahwa double cleansing bisa menjadi metode yang efektif untuk mencegah dan mengatasi jerawat.

Pertanda Over-cleansing


Meskipun 
double cleansing bisa menjadi solusi bagi kulit berjerawat, over-cleansing kulit juga dapat merusak kesehatan kulit. 

Meskipun penting untuk menjaga kulit tetap bersih dan bebas dari kotoran, membersihkan kulit terlalu sering dan berlebihan dapat mengelupas kulit, menghilangkan minyak alami dan menyebabkan kulit menjadi kering, iritasi, dan merah. 

Berikut adalah tiga tanda bahwa kulit kamu mungkin over-cleansing dan cara mengatasinya:

1. Kulit terasa kencang dan kering setelah dibersihkan

Jika kulit kamu terasa kencang dan kering setelah dibersihkan, itu pertanda bahwa kamu over-cleansing. 

Hal ini karena over-cleansing menghilangkan minyak alami yang dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi pada kulit. Sebaliknya, gunakan pembersih yang lembut dan hindari menggunakan air panas yang juga bisa mengeringkan kulit.

2. Kulit terkelupas lebih dari biasanya

Over-cleansing dapat mendorong kulit menghasilkan lebih banyak minyak untuk mengimbangi hilangnya minyak alami. Hal ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat yang akhirnya menyebabkan jerawat. 

Sebaliknya, gunakan pembersih lembut yang menjaga kelembapan kulit dan hindari menggunakan exfoliant yang keras dan menyebabkan iritasi.

3. Kulit merah dan teriritasi

Over-cleansing juga ditandai dengan kulit menjadi merah dan iritasi. Hal ini dikarenakan kulit kehilangan barrier-nya yang memicu terjadinya peradangan. 

Penting untuk menjaga kelembapan kulit secara teratur agar tetap terhidrasi dan sehat. Lengkapi rutinitas perawatan kulit kamu dengan menggunakan Biome Treatment Essence usai melakukan double cleansing. 

Biome Treatment Essence dari Biome Beauty memiliki dua varian yang terbuat dari kandungan alami yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan kulit kamu, yakni Biome Treatment Essence Gotu Kola dan Biome Treatment Essence Galactomyces yang bisa membuat kulit kamu tetap lembap, mendukung keseimbangan microbiome kulit, serta mencegah berbagai masalah kulit.

Dapatkan Biome Treatment Essence di sini!


REFERENSI:

  • Cyril Messaraa, Melissa Walsh, Sarah Hurley, Nicola Robertson, Carla O'Connor, Leah Doyle, Anna Mansfield, Deirdre McNamee, A novel UV‐fluorescence approach to assess the long wear efficacy of foundations, Skin Research and Technology, 10.1111/srt.13011, 27, 5, (758-765), (2021).

  • Chen W, He M, Xie L, Li L. The optimal cleansing method for the removal of sunscreen:Water, cleanser or cleansing oil? J Cosmet Dermatol. 2020 Jan;19(1):180-184. doi: 10.1111/jocd.12995. Epub 2019 Jun 3. PMID: 31157512.

  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/double-cleansing#origin

  • https://www.adorebeauty.com.au/beautyiq/skin-care/cleansers/signs-you-could-be-over-cleansing-skin/

Writer: Ria Theresia Situmorang

Editor: Agnes Octaviani