• Home
  • Blog

share

Apa Sih Artinya Skin Microbiome Seimbang? Ini Penjelasannya!

9 May 2023

Apa Sih Artinya Skin Microbiome Seimbang? Ini Penjelasannya!

Apa saja faktor yang menentukan kulit yang sehat dan bebas masalah? Tak seperti kebanyakan orang pikirkan, bukan rangkaian produk skincare yang digunakan yang menentukan kulit kamu menjadi sehat, melainkan makhluk-makhluk hidup kecil yang hidup di kulit kamu yang disebut microbiome.

Berbagai penelitian beberapa tahun belakangan menunjukkan bahwa keseimbangan microbiome memiliki peran penting untuk kesehatan kita, termasuk kesehatan kulit. Kulit yang sehat umumnya juga ditandai dengan komposisi microbiome kulit yang seimbang. 

Lalu, apa sih sebenarnya microbiome itu? 

Apa Itu Microbiome?

Microbiome adalah istilah yang mengacu pada seluruh komunitas mikroorganisme yang hidup di dalam tubuh kamu, termasuk di dalamnya adalah bakteri, virus, jamur, dan arkea. Aneka mikroorganisme ini tinggal di berbagai bagian tubuh, seperti saluran pencernaan, mulut, hidung, saluran reproduksi, dan kulit. 

Bagaimana kamu bisa memiliki microbiome dalam tubuh kamu? 

Setiap orang memiliki komposisi microbiome yang unik dalam tubuh, yang sebagian besar ditentukan oleh DNA. Nah, ketika kamu lahir, sebenarnya tubuh kamu masih steril dan bebas mikroorganisme. Paparan microbiome pertama kamu biasanya akan didapat dari ibu ketika melahirkan secara vaginal.

Namun, seiring berjalannya waktu, paparan lingkungan dan pola makan dapat memengaruhi komposisi microbiome dalam tubuh seseorang, yang dapat berkontribusi pada kesehatan yang baik atau meningkatkan risiko penyakit. 

Proses ini disebut kolonisasi mikroba (microbial colonization). Semakin lama, berbagai mikroorganisme tumbuh dan berkembang dalam tubuh, membentuk apa yang kita sebut sebagai microbiome.

Kulit merupakan area tempat tinggal bagi jutaan bakteri, jamur, dan virus yang membentuk apa yang disebut skin microbiomeSkin microbiome memiliki peran penting dalam membuat kulit kita menjadi sehat. 

Pentingnya Menjaga Keseimbangan Skin Microbiome

Microbiome yang seimbang memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Salah satu aspek penting dari microbiome yang seimbang adalah perannya dalam sistem kekebalan tubuh. 

Sebagian besar mikroorganisme anggota microbiome bermanfaat atau bersifat tidak merugikan. Tetapi ketika jumlah komposisi microbiome terganggu atau tidak seimbang, misalnya terlalu banyak atau terlalu sedikit bakteri dan jamur, dapat menyebabkan gangguan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko infeksi, dan berkontribusi pada perkembangan penyakit autoimun.

Begitu juga dengan skin microbiome. Menurut ahli, skin microbiome yang sehat dan seimbang mampu mengontrol jumlah bakteri dan jamur yang bersifat merugikan agar tidak menyebabkan masalah. 

Beberapa manfaat dari menjaga keseimbangan skin microbiome adalah:

  • Mencegah infeksi pada kulit

  • Melembapkan kulit

  • Mencegah inflamasi (peradangan) pada kulit

  • Memperkuat sistem kekebalan kulit

  • Mempercepat proses penyembuhan pada kulit

Faktor Penyebab Skin Microbiome Tidak Seimbang dan Akibatnya


Dalam 
Scientific Reports, telah mengungkapkan pentingnya menjaga keseimbangan skin microbiome dalam menjaga kesehatan kulit dan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan. 

Penelitian ini mengidentifikasi bahwa perubahan lingkungan, seperti penggunaan berlebihan produk perawatan kulit atau paparan zat kimia tertentu, dapat mengganggu keseimbangan skin microbiome. Hal ini kemudian menyebabkan masalah kulit seperti inflamasi, kulit kering, dan infeksi. Studi tersebut menegaskan bahwa menjaga keseimbangan skin microbiome adalah faktor penting dalam merawat kesehatan kulit.

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan pada skin microbiome, misalnya:

  1. Penggunaan Antibiotik

Dalam penelitian ini, diketahui bahwa penggunaan antibiotik topikal dapat mengganggu keseimbangan skin microbiome pada pasien dermatitis atopik. Penggunaan antibiotik secara berlebihan dapat mengganggu keseimbangan skin microbiome

Antibiotik spektrum luas  tidak dapat membedakan bakteri yang bersifat patogen dan yang bermanfaat, sehingga penggunaannya dapat ikut menghancurkan bakteri baik. Akibatnya, mengubah komposisi microbiome dan memungkinkan peluang pertumbuhan mikroorganisme patogen. 

  1. Penggunaan Skincare yang Berlebihan

Penggunaan skincare yang berlebihan atau bahan iritan yang terdapat di dalamnya dapat merusak keseimbangan skin microbiome. Beberapa bahan kimia seperti sulfat, paraben, dan pewangi sintetis dapat mengganggu komposisi microbiome pada kulit. 

  1. Lingkungan

Faktor lingkungan seperti polusi udara, sinar matahari berlebihan, dan cuaca ekstrem juga dapat mempengaruhi keseimbangan skin microbiome dan mengubah komposisinya. 

  1. Konsumsi Makanan Sehari-hari

Pola makan yang tidak sehat, termasuk diet tinggi gula dan rendah serat, dapat memengaruhi keseimbangan skin microbiome. Mengonsumsi gula berlebihan dapat merusak keseimbangan microbiome pada kulit, yang berkontribusi pada timbulnya masalah kulit seperti jerawat dan fungal acne

  1. Stres

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Brain, Behavior, and Immunity menunjukkan bahwa stres dapat mempengaruhi komposisi skin microbiome dan memperburuk kondisi kulit seperti dermatitis atopik.

Cara Menjaga Keseimbangan Skin Microbiome

Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menjaga keseimbangan skin microbiome, yaitu:

  1. Terapkan Diet Sehat

Makan makanan yang sehat dan bergizi sangat penting untuk menjaga keseimbangan microbiome. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang kaya serat, seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Serat atau prebiotik merupakan makanan bagi microbiome, sehingga dapat menjaga jumlahnya tetap seimbang.

  1. Hindari Stres

Stres dapat berdampak negatif pada keseimbangan microbiome kulit. Usahakan untuk mengelola stres dengan melakukan aktivitas relaksasi, seperti yoga, meditasi, atau berjalan-jalan. Tidur yang cukup juga penting untuk memperbaiki keseimbangan skin microbiome.

  1. Gunakan Skincare yang Microbiome Friendly

Pilih produk skincare yang mengandung bahan-bahan alami dan lembut, tanpa bahan kimia keras dan pastinya microbiome friendly seperti serangkaian produk dari Biome Beauty.

Biome Beauty merupakan produk perawatan kulit yang formulasinya fokus untuk menjaga keseimbangan skin microbiome kamu. Ada dua jenis produk Biome Beauty yang bisa kamu coba, yaitu Biome Essence Treatment dan Biome Essence Spray, masing-masing memiliki beberapa varian dari bahan dasar alami yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Kalau kamu sayang kulitmu, yuk mulai gunakan skincare yang aman dan nyaman untuk microbiome di kulit kamu!

Kamu bisa belanja produk Biome Beauty di sini!


Referensi:

  • https://elth.co.uk/blogs/naked-beauty-blog/5-ways-to-balance-your-skin-microbiome

  • https://www.sciencedirect.com/topics/agricultural-and-biological-sciences/microbial-colonization

  • https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/microbiome/

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/31046972/

  • https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/everything-you-need-to-know-about-the-skin-microbiome/

  • https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fcimb.2021.720674/full

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6683117/

Writer: Dwi Muryanti

Editor: Agnes Octaviani