• Home
  • Blog

share

9 Kegunaan Toner Lavender Sebagai Bahan Skin Care

27 Jan 2023

9 Kegunaan Toner Lavender Sebagai Bahan Skin Care

Tanaman lavender (Lavandula angustifolia) rupanya tidak hanya cantik dilihat dan memiliki aroma yang menenangkan. Ternyata kandungan di dalam tanaman ini juga berkhasiat jika dijadikan bahan skin care

Ekstrak lavender digunakan secara luas di industri kosmetik sebagai pengawet dan peremaja kulit. Selain dalam bentuk essential oil yang dikemas tersendiri, ekstrak lavender juga biasa ditambahkan dalam produk krim, pelembap, mist, toner, losion, sampo, kondisioner, sampai sabun mandi.

Lalu apa saja kegunaan toner lavender untuk kulit?

Manfaat Kandungan Lavender untuk Kulit

Salah satu cara termudah mengaplikasikan tanaman untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal adalah dalam bentuk essential oil.

Essential oil lavender adalah cairan terkonsentrasi yang berasal dari bagian aromatik lavender -- seperti bunga, akar, dan daunnya -- yang diproses dengan metode distilasi uap. 

Komponen utamanya adalah linalool, linalyl acetate, lavandulol, geraniol, dan eucalyptol yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

Essential oil lavender bisa dilarutkan dengan carrier oil seperti minyak kelapa, jojoba, atau grapeseed sebelum dioleskan ke kulit.

Menurut jurnal Cosmetics, kosmetik yang mengandung senyawa aktif antibakteri dari sumber alami (essential oil) membantu mengontrol pertumbuhan mikroorganisme. Kosmetik tersebut juga berefek baik pada proses yang berlangsung di permukaan dan di kulit. Hasilnya, proses penuaan kulit bisa diperlambat.

Secara spesifik, berikut beberapa manfaat kandungan lavender untuk kulit:

1. Mengatasi Dermatitis dan Kulit Kering

Essential oil lavender yang dicampur dengan carrier oil bisa digunakan langsung di kulit untuk membantu mengunci kelembapan. Sifat antimikroba dan antijamur dari lavender bermanfaat untuk mengontrol ketidakseimbangan microbiome kulit yang menjadi salah satu pemicu dermatitis (eksim).

2. Melindungi dari Radikal Bebas

Sebagai antioksidan, lavender bisa membantu melindungi kulit dari pemicu stres lingkungan. 

“Faktor risiko yang paling umum dan berbahaya untuk penyakit seringkali datang dari radikal bebas, toksin, dan polutan. Radikal bebas bisa menghentikan sistem imun dan merusak tubuh. Nah, minyak lavender adalah antioksidan alami yang bekerja mencegah penyakit dan mengembalikan kondisi tubuh,” jelas ahli dermatologi asal Amerika Serikat Anna Guanche, MD.

3. Mengurangi Tampilan Garis Halus dan Kerutan

Karena kaya antioksidan, lavender dapat digunakan untuk melawan radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab garis halus dan kerutan. Kamu bisa mencoba campuran minyak kelapa dan essential oil lavender sebagai serum antipenuaan alami untuk wajah.

4. Meredakan Jerawat

Lavender yang bersifat antibakteri dan antiperadangan bisa membantu mengontrol keseimbangan komposisi bakteri, mengatasi pori tersumbat, dan mengurangi inflamasi di kulit. Hal ini terbukti melalui studi klinis di Journal of Convergence Information Technology.

Kombinasi terapi minyak aromatik tea tree dan lavender (dilarutkan dengan minyak jojoba) dengan metodologi perawatan konvensional efektif mengurangi jumlah Propionibacterium acnes (bakteri yang berkaitan dengan munculnya jerawat), jumlah lesi jerawat meradang, dan angka sekresi sebum pada subjek yang diteliti. Karena itu, minyak lavender bisa jadi pilihan tepat untuk melawan beruntusan.

Minyak lavender dan tea tree bisa jadi alternatif bagi pasien yang tidak ingin menggunakan terapi antibiotik yang ada saat ini untuk mengatasi jerawat. Cara menggunakannya, larutkan dulu essential oil lavender dengan carrier oil, lalu aplikasikan ke kulit setelah dibersihkan.

5. Menenangkan kulit

Bakteri dan jamur di kulit sering menimbulkan inflamasi. Nah, sifat antijamur pada minyak lavender bisa memunculkan efek antigatal dan antiperadangan.

6. Mendorong Penyembuhan Kulit

Penelitian yang dikutip oleh Byrdie menunjukkan bahwa minyak lavender bisa mempercepat penyembuhan luka bakar, luka teriris atau tergores, serta dapat membantu mengatasi luka parut. Tampilan bekas luka juga bisa pudar berkat kemampuan minyak lavender untuk mendorong pertumbuhan sel.

Di jurnal Molecules tertulis bahwa essential oil mempercepat regenerasi dan perkembangan sel-sel kulit. Kulit menjadi lebih kuat dan beregenerasi lebih cepat karena mendukung proses granulasi epidermis yang terluka.

7. Mencegah Infeksi

Minyak lavender sudah digunakan untuk mencegah infeksi serta memerangi gangguan bakteri dan jamur. Studi di Journal of Medical Microbiology menunjukkan bahwa essential oil tersebut memiliki efek fungisidal (mematikan jamur).

8. Meredakan Gigitan Serangga

Kalau kamu digigit serangga, oleskan saja minyak lavender yang sudah dilarutkan dengan carrier oil langsung ke bekas gigitan. Sifat antiperadangan di minyak lavender bisa meredakan sakit dan gatal akibat gigitan serangga.

9. Mendorong Pertumbuhan Rambut dan Kesehatan Kulit Kepala

Studi di jurnal Toxicological Research mengaitkan minyak lavender dengan kemampuan mempercepat pertumbuhan rambut. Kamu bisa mencampur minyak lavender dengan carrier oil lalu menambahkan beberapa tetes minyak tersebut ke sampo. Kamu juga dapat menggunakan produk yang sudah mengandung lavender. 

Biome Essence Spray Lavender


Perlu diketahui terdapat risiko jika mengencerkan 
essential oil dengan takaran yang tidak tepat, misalnya saja kulit menjadi sensitif, kemerahan, panas seperti terbakar, hingga reaksi alergi. Jadi, ada baiknya menghindari membuat campuran essential oil sendiri di rumah. 

Produk-produk yang kamu temui beredar di pasaran biasanya sudah melewati tahap-tahap pengujian dan formulasi yang aman untuk dipakai masyarakat umum. 

Daripada repot-repot mencampur sendiri essential oil lavender dengan carrier oil dan bahan lainnya -- takarannya pun belum tentu pas -- lebih baik kamu mencoba Biome Essence Spray Lavender dari Nusantics Biome Beauty

Biome Essence Spray Lavender terbuat dari pure lavender flower essence water yang memiliki sifat antiinflamasi untuk menenangkan kulit kemerahan. Di dalamnya juga terkandung flavonoid dan asam fenolik yang dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit.  

Go-To-Toner dalam kemasan spray yang praktis ini dapat membantu mengatasi masalah seperti kulit terbakar sinar matahari, kulit kusam, kulit kering, kerutan halus, dan kulit yang iritasi setelah bercukur.

Spray ini disarankan dipakai setelah membersihkan wajah dan sebelum serum atau pelembap. Karena mudah dibawa-bawa, kamu juga bisa menyemprotkannya kapan saja saat kulit kamu butuh penyegaran.

Jangan lupa, semua produk Biome Beauty diformulasikan dari bahan-bahan alami yang tak hanya ramah lingkungan, tetapi juga ramah microbiome kulit, jadi tidak akan mengganggu keseimbangan microbiome kulit kamu.

Dapatkan produk-produk Biome Beauty di berbagai online marketplace kesayangan kamu, atau di distributor resmi yang bekerja sama dengan Nusantics!


Referensi:

  • https://www.byrdie.com/lavender-oil-for-skin-4801192

  • Zuzarte M, Gonçalves MJ, Cavaleiro C, Canhoto J, Vale-Silva L, Silva MJ, Pinto E, Salgueiro L. Chemical composition and antifungal activity of the essential oils of Lavandula viridis L'Her. J Med Microbiol. 2011 May;60(Pt 5):612-618. doi: 10.1099/jmm.0.027748-0. Epub 2011 Feb 14. PMID: 21321363.

  • Lee BH, Lee JS, Kim YC.  Hair Growth-Promoting Effects of Lavender Oil in C57BL/6 Mice.  ToxicolRes 2016;32:103-108.  https://doi.org/10.5487/TR.2016.32.2.103

  • Białoń M, Krzyśko-Łupicka T, Nowakowska-Bogdan E, Wieczorek PP. Chemical Composition of Two Different Lavender Essential oils and Their Effect on Facial Skin Microbiota. Molecules. 2019; 24(18):3270. https://doi.org/10.3390/molecules24183270

  • Sarkic A, Stappen I. Essential oils and Their Single Compounds in Cosmetics—A Critical Review. Cosmetics. 2018; 5(1):11. https://doi.org/10.3390/cosmetics5010011
  • Shin, Sujin. (2013). Antimicrobial and Improvement Effects of Tea Tree and Lavender Oils on Acne Lesions. Journal of Convergence Information Technology. 8. 339.

Writer: Ema Fitria Rahmadianti

Editor: Agnes Octaviani