• Home
  • Blog

share

6 Cara Efektif Diet Ampuh Sekaligus Menghilangkan Kulit Kusam

14 Oct 2022

6 Cara Efektif Diet Ampuh Sekaligus Menghilangkan Kulit Kusam

Tidak seperti bintik hitam, jerawat, dan garis-garis halus, kulit kusam bisa jadi sulit dikenali. Hal ini karena pengertian kulit kusam bisa saja subjektif bagi beberapa orang. 

Beberapa orang beranggapan kulit kusam berarti kulit yang tidak bercahaya, kulit yang menghitam, kulit beruntusan, dan lain sebagainya. 

Sebenarnya, kulit kusam memang sebuah istilah umum dari kulit yang tidak terlihat sehat.

Dikutip dari Byrdie, dermatologis Dr. Dhaval Bhanusali mengungkapkan bahwa penyebab kulit kusam terutama adalah tumpukan sel kulit mati, sebum dari polutan, dan dehidrasi yang terlihat jelas pada kulit. 

Cara Efektif Diet Ampuh Menghilangkan Kulit Kusam


Apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan kulit kusam agar terlihat lebih cerah dan sehat? Hal pertama yang harus kamu selidiki adalah penyebab kulit kusam itu sendiri. 

Berbagai faktor seperti gaya hidup, rutinitas perawatan kulit hingga diet bisa berperan membantu memperbaiki kulit yang kusam. 

Demi mempertahankan kulit tetap sehat secara alami, terdapat cara efektif diet ampuh yang membantu merawat kulit kering dan kusam, yakni menjaga pola makan tetap seimbang yang dijabarkan sebagai berikut:

1. Konsumsi makanan tinggi asam lemak

Kualitas makanan dan jenis makanan yang dikonsumsi memengaruhi kesehatan dan penampilan kulit. Makanan yang mengandung asam lemak yang tinggi diperlukan tidak hanya untuk tubuh tetapi juga untuk kulit supaya terlihat lebih sehat.

Makanan yang mengandung asam lemak yang tinggi di antaranya adalah ikan, terutama salmon, alpukat, dan kacang-kacangan. 

Asam lemak sangat penting untuk kesehatan kulit karena dapat membantu meningkatkan produksi sel di bawah permukaan kulit, memperkuat proteksi skin barrier, dan mengurangi risiko peradangan kulit yang semakin parah. 

2. Perbanyak makanan kaya antioksidan

Makanan yang memiliki kandungan sifat antioksidan dapat membantu melawan peradangan dan kerusakan kulit akibat radikal bebas. Kandungan tersebut terdapat pada makanan yang mengandung kacang-kacangan dan biji-bijian, misalnya kacang almond, kacang mete, atau tomat.

Selain itu, camilan seperti cokelat hitam (dark chocolate) juga adalah makanan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan kulit.

3. Menambahkan makanan yang mengandung probiotik

Selain bermanfaat untuk usus, makanan yang mengandung probiotik juga dapat merangsang keseimbangan microbiome kulit sehingga membuatnya terlihat lebih sehat. 

Cara kerjanya adalah dengan mempertahankan bakteri baik dari makanan yang dikonsumsi seperti yogurt, tempe, tahu, kimchi, nattodan beberapa jenis keju. 

4. Memulai hari dengan asupan vitamin C

Vitamin C selain baik untuk menjaga daya tahan tubuh, juga memiliki sifat antioksidan yang baik untuk kulit. Secara khusus, Indian Dermatology Online Journal menyebut vitamin C dapat menambah nutrisi yang membantu melawan tanda-tanda penuaan sehingga membuat kulit menjadi lebih cerah. 

Dengan begitu, mulailah hari dengan asupan vitamin C seperti jus jeruk murni pada pagi hari. 

Vitamin C dalam jeruk juga dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan bintik hitam dan membuat tampilan kulit semakin kusam. 

5. Mengurangi asupan alkohol

Berdasarkan Clinics in Dermatology, minuman beralkohol secara signifikan dapat membuat kulit dehidrasi dan kusam. 

Minuman ini juga dapat meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit sehingga mengakibatkan tampilan kulit cepat memerah yang dapat menjadi permanen dari waktu ke waktu untuk sebagian orang.

6. Rutin minum air putih

Air putih adalah konsumsi wajib yang membuat kulit lebih terhidrasi. Dengan kondisi kulit yang cukup hidrasi, tampilannya akan semakin sehat karena kelembabannya yang terjaga yang membuatnya semakin cerah. 

Untuk orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan adalah 2 liter per hari. Kamu bisa mulai membiasakan konsumsi air putih dengan membawa botol minum ke tempat yang sering kamu kunjungi tiap harinya. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Kulit Tidak Kusam


Selain konsumsi diet yang seimbang, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar kulit tidak kusam, misalnya:

1. Memenuhi jam tidur yang ideal

Selama beristirahat, kulit akan beregenerasi sehingga membuat tampilannya lebih cerah ketika bangun pagi. Jam tidur yang ideal bagi remaja dan orang dewasa adalah sekitar 7-9 jam per harinya. 

2. Kurangi stres

Apakah kamu stres? Kulit kamu bisa menunjukkannya. Studi dari Harvard menunjukkan bahwa stres akut dan kronis dapat memberikan efek negatif pada kesehatan kulit secara keseluruhan. 

Stres dapat memperburuk kondisi kulit yang kusam, seperti timbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya, termasuk psoriasis dan eksim. 

3. Menggunakan produk perawatan kulit yang alami

Mulailah mencuci wajah setiap hari, dua kali sehari: pertama pada pagi hari dan kemudian sebelum tidur. 

Produk perawatan kulit yang alami dapat menghilangkan kotoran dan minyak yang menumpuk di permukaan kulit serta sisa-sisa kosmetik secara lembut. 

Kotoran dan minyak yang menumpuk terlalu lama dapat menyumbat pori-pori sehingga kulit terlihat kusam.

Untuk lebih memahami kondisi kulit yang sesungguhnya, kamu disarankan untuk mengecek keseimbangan microbiome kulit kamu melalui Biome Scan.

Biome Scan membantumu untuk menganalisa profil ekosistem microbiome kulit yang seringnya didominasi oleh jamur dan bakteri.

Jika bakteri dan jamur seimbang, maka microbiome kulit kamu bisa dikatakan sehat. Jika tidak, maka para ahli di Nusantics akan memberikan rekomendasi dan solusi bahan perawatan kulit yang sesuai kebutuhan kulitmu.

 


Referensi:

Writer: Ria Theresia Situmorang

Editor: Agnes Octaviani