• Home
  • Blog

share

5 Manfaat Tea Tree untuk Kulit Berjerawat

21 Dec 2022

5 Manfaat Tea Tree untuk Kulit Berjerawat

Jerawat mungkin menjadi masalah kulit paling umum yang dialami hampir setiap orang. Terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan jerawat, seperti produksi minyak berlebih, kondisi hormon, dan infeksi bakteri.

Untuk mengatasinya, banyak orang mencari kandungan anti jerawat yang terdapat di dalam produk perawatan kulit, misalnya yang paling populer adalah salicylic acid dan benzoyl peroxide.

Namun kedua bahan tersebut juga memiliki efek samping yang kurang disukai, seperti membuat kulit kering dan lebih sensitif. Selain itu, seiring meningkatnya minat masyarakat akan kandungan alami serta konsep clean beauty, kandungan yang natural dari alam semakin dicari, misalnya saja tea tree.

Manfaat Tea Tree untuk Kulit Berjerawat

Tea tree pada umumnya digunakan dalam bentuk essential oil yang diekstrak dari tumbuhan yang berasal dari Australia, Melaleuca alternifolia.

Telah digunakan sebagai tanaman obat oleh suku Aborigin selama berabad-abad, tea tree memiliki hampir 100 komponen yang bermanfaat untuk kesehatan. Suku Aborigin memanfaatkan tea tree untuk meredakan batuk dan menyembuhkan penyakit kulit.

Menurut penelitian, produk dengan kandungan tea tree menjadi pilihan terbanyak kedua setelah kandungan benzoyl peroxide yang dipilih oleh mereka yang berjerawat. Tea tree menjadi pilihan populer karena dijual bebas tanpa resep dan mudah ditemukan.

Mengutip Byrdie dan Healthline, adapun beberapa manfaat tea tree oil untuk kulit berjerawat, yaitu:

1. Mengontrol bakteri patogen

Penyebab jerawat paling umum adalah infeksi bakteri C. acnes di kulit yang jumlahnya berlebihan dan mengganggu keseimbangan komposisi microbiome kulit. 

Tea tree sejatinya bersifat antimikroba spektrum luas yang efektif menekan jumlah berbagai jenis bakteri, termasuk C. acnes. Dengan begitu, tea tree membantu menyeimbangkan kembali komposisi microbiome kulit.

Kandungan aktif dalam tea tree yang disebut Terpiene-4-ol dapat membuat sel bakteri menjadi tidak stabil dan bakteri akan mati.

Dari hasil penelitian dalam Australasian Journal of Dermatology, minyak tea tree yang digunakan secara rutin selama 12 minggu mengurangi jerawat (ringan-sedang) hingga 54% dan dapat ditoleransi dengan baik oleh kulit para pengguna.

2. Anti radang

Tea tree juga meredakan peradangan di kulit, salah satu masalah yang dihadapi kulit berjerawat. Kulit yang mengalami peradangan akan tampak kemerahan, tea tree dapat membantu meredakan gejala ini.

3. Mengatasi berbagai jenis jerawat

Kabar baiknya, tea tree tidak hanya efektif meredakan satu jenis jerawat, tetapi efektif untuk jerawat komedo (whitehead, blackhead, jerawat kecil) maupun jerawat "batu" (besar, merah, dan radang).

Tea tree dapat meredakan jumlah jerawat dan tingkat keparahan jerawat yang ringan hingga sedang.

Byrdie juga menyebutkan, hasil pengobatan tea tree dengan benzoyl peroxide sama efektifnya terhadap jerawat. Walaupun tea tree membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bekerja, tea tree tidak menimbulkan efek samping yang biasanya dikeluhkan pengguna benzoyl peroxide.

Tea tree dapat sekaligus melembapkan kulit dan meminimalisir iritasi kulit, tidak seperti benzoyl peroxide yang cenderung menimbulkan kulit kering.

4. Fungal acne friendly

Kandungan zat dalam tea tree tak hanya membantu mengontrol jumlah bakteri, tetapi juga virus dan jamur yang tidak seimbang. Sehingga, juga berpotensi membantu meredakan infeksi di kulit akibat jamur seperti kurap dan ketombe, serta aman digunakan untuk fungal acne.

Karena sifatnya yang mengontrol jumlah mikroba dan meningkatkan aktivitas sel darah putih, tea tree juga membantu menyembuhkan luka kecil lebih cepat.

5. Berpotensi mengurangi minyak

Penelitian di tahun 2016 ini pada awalnya bertujuan meneliti efek potensial tea tree yang dicampur resveratrol untuk melindungi kulit dari sinar matahari (sunscreen), tetapi kemudian para peneliti menemukan data bahwa campuran tea tree ini mampu mengurangi produksi sebum (minyak), meningkatkan hidrasi kulit, dan pori-pori tampak lebih kecil.

Sedangkan untuk kemampuannya dalam melindung kulit dari sinar ultraviolet, hasil penelitian menunjukkan kekuatan dalam level sedang (moderate).

Menggunakan Tea Tree untuk Kulit Berjerawat


Penggunaan ekstrak tea tree secara umum memang aman, namun Healthline dan Byrdie menambahkan beberapa catatan terkait keamanan.

  • Jangan pernah menelan tea tree oil karena dapat bersifat toksik dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

  • Sebelum digunakan, selalu oleskan sedikit di kulit kamu dan tunggu 24 jam untuk melihat apakah timbul reaksi yang tidak diinginkan. Walau sangat jarang, alergi terhadap tea tree bisa saja terjadi.

  • Tea tree oil perlu diencerkan dengan minyak carrier agar tidak mengiritasi kulit sensitif.

  • Tea tree oil juga tidak aman digunakan pada hewan peliharaan, sehingga jauhkan dari jangkauan hewan peliharaan di rumah kamu.

Ahli dermatologi dalam artikel Byrdie juga menyarankan untuk lebih memilih produk-produk yang sudah diencerkan dan teruji keamanannya yang tersedia di pasaran alih-alih mencampur sendiri.

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat tea tree dan ingin menghindari risiko iritasi kulit akibat salah campur, kamu bisa memilih Biome Essence Spray Tea Tree dari Nusantics Biome Beauty.

Biome Essence Spray (BES) Tea Tree merupakan air esens tea tree murni yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat (C. acnes). Spray ini juga membantu mengontrol produksi minyak berlebih yang biasanya juga menjadi permasalahan utama kulit berjerawat.

Tak perlu khawatir, karena formulasi BES Tea Tree pastinya aman dan lembut untuk kulit kamu. Tak hanya itu, BES Tea Tree juga diformulasikan ramah microbiome kulit, sehingga dapat membantu menyeimbangkan komposisi microbiome kulit yang sehat.

Semua produk Biome Beauty juga dibuat dari bahan-bahan alami, ramah lingkungan, dan pastinya ramah microbiome kulit! Masih bingung mana yang cocok untuk kamu? Jangan ragu untuk konsultasi dengan Biome Advisor Nusantics, ya!


Referensi:

  • Cherney, Kristeen. “Can Tea Tree Oil Help Get Rid of Acne?” Healthline, 14 Aug. 2019, www.healthline.com/health/skin/tea-tree-oil-for-acne.

  • “Dermatologists Explain Exactly How to Effectively Use Tea Tree Oil on Your Breakouts.” Byrdie, 6 July 2022, www.byrdie.com/tea-tree-oil-for-acne-4783335.

  • Malhi, Harsimran Kaur, et al. “Tea Tree Oil Gel for Mild to Moderate Acne; a 12 Week Uncontrolled, Open-label Phase II Pilot Study.” Australasian Journal of Dermatology, vol. 58, no. 3, Wiley, Mar. 2016, pp. 205–10. https://doi.org/10.1111/ajd.12465.

  • Oliveira, Camila. Development and Preliminary Cosmetic Potential Evaluation of Melaleuca Alternifolia Cheel (Myrtaceae) Oil and Resveratrol for Oily Skin | ClinMed International Library | Journal of Dermatology Research and Therapy. clinmedjournals.org/articles/ijdrt/journal-of-dermatology-research-and-therapy-ijdrt-2-032.php

Writer: Agnes Octaviani

Editor: Agnes Octaviani